Tak Terima Dimutasi Sepihak, Puluhan Karyawan PTPN-III Membangmuda Demo

Tak Terima Dimutasi Sepihak, Puluhan Karyawan PTPN-III Membangmuda Demo

topmetro.news – Berkisar 20 orang lebih karyawan PT. Perkebunan Nusantara III (PTPN III) Kebun Membangmuda melakukan aksi Demonstrasi di Lapangan Kantor PTPN-III Membangmuda, Desa Perkebunan Membangmuda, Kecamatan Kualuh Hulu, Kabupaten Labuhanbatu Utara (Labura). Jumat (16/04/2021) pagi.

Aksi demonstrasi dilakukan sebagai bentuk protes atas mutasi sepihak yang dilakukan manajemen PTPN-III Membangmuda.

Saat ditemui di lokasi demo, salah seorang pekerja (Penderes), Arvi Putra (23), mengaku kecewa atas keputusan manajemen Perusahaan yang melakukan mutasi sepihak terhadap dirinya dan puluhan karyawan lainnya tanpa adanya pemberitahuan awal. 

“Kami kecewa atas keputusan ini. Manajemen melakukan mutasi tanpa adanya pemberitahuan awal. Kami sebelumnya mendaftar di PTPN-III Membangmuda ini sebagai Penderes dan Security, tapi mengapa sekarang kami dimutasi ke PTPN-III Aek Nabara sebagai Pemanen?,” tegas Arvi, Jumat (16/04/2021).

Sementara itu, menurut keterangan Manager PTPN-III Membangmuda diwakili APKnya, Yuda, menyatakan mutasi tersebut terjadi karena keputusan perusahan terkait kebutuhan tenaga karyawan di beberapa kebun.

“Mutasi tersebut terjadi hanya karena keputusan perusahan terkait kebutuhan karyawan di beberapa tempat. Di kebun Membangmuda sendiri, jumlah karyawannya sudah lebih kapasitas, sedangkan di tempat lain masih kurang. Seperti tempat yang ditujukan Kebun Aek Nabara Selatan,” ujar Yuda. 

Pantauan awak media, selain APK (Asisten Kebun Personalia) tampak hadir beberapa Kepala Kebun yang juga memberikan beberapa arahan. Karyawan yang berdemo juga terlihat saling melontarkan beberapa pertanyaan terkait pemutasian mereka.

Reporter | Nathan

Related posts

Leave a Comment